09 Januari 2018

Inilah Organ Tubuh Manusia Dan Fungsinya Lengkap

Inilah Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya Lengkap
Tubuh manusia adalah seperti sebuah mesin, dirancang unik dan terdiri dari berbagai sistem biologi, yang diatur oleh organ dalam tubuh. Dalam artikel berikut, kita akan lihat organ penting dari tubuh manusia dan fungsinya. Tubuh manusia dapat dibagi menjadi kepala, badan, tangan, dan kaki. Kepala memainkan peran utama dalam melindungi organ penting. Banyak jaringan, sel, dan jaringan ikat yang membantu dalam mengatur berbagai sistem biologis dapat ditemukan di kepala dan badan.

ORGAN INTERNAL 
Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus yang dimainkan dalam tubuh manusia. Setiap organ tubuh memiliki fungsi penting untuk dimainkan. Organ juga bekerja sama secara erat untuk membentuk sistem organ, seperti sistem pencernaan atau sistem peredaran darah.
Berikut adalah beberapa informasi tentang organ paling penting dari tubuh manusia, dimulai dengan kepala, dan terus ke bawah.

OTAK
Otak adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia dan bertanggung jawab atas tindakan utama yang dilakukan oleh tubuh. Otak ini dilindungi oleh tengkorak dan tertutup dalam tempurung kepala yang menjaganya agar tetap sangat aman, karena merupakan pusat sistem saraf. Struktur otak manusia dapat dibandingkan dengan mamalia lain, tetapi itu adalah tiga kali lebih besar dan lebih maju daripada mamalia lainnya. Otak membantu tubuh mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menanggapi rangsangan eksternal. Otak manusia melakukan fungsi eksekutif juga, seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan berpikir abstrak, yang membuat manusia adalah spesieS
KELENJAR PINEAL
Kelenjar pineal adalah kelenjar endokrin penting berwarna
abu-abu kemerahan yang hadir dalam otak. Kelenjar pineal seukuran sebutir beras dan terutama terdiri dari sel-sel khusus yang disebut pinealocytes. Salah satu hormon yang paling penting yang disekresikan oleh kelenjar pineal adalah melatonin, yang bertanggung jawab untuk mempengaruhi perkembangan generatif dan siklus tidur-bangun yang berhubungan dengan tubuh
HIPOTALAMUS
Hipotalamus merupakan bagian dari otak manusia yang mengontrol pelepasan hormon utama oleh kelenjar hipofisis. Hipotalamus juga bertanggung jawab untuk menjaga suhu tubuh dan mengendalikan perilaku generatif dan reproduksi. Hipotalamus juga menyediakan link ke sistem saraf pusat melalui kelenjar pituitari. Hipotalamus juga berfungsi dalam mengendalikan rasa lapar, tidur dan kelelahan.
KELENJAR PITUITARI
Kelenjar pituitari adalah salah salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh manusia dan disebut kelenjar master sistem endokrin. Kelenjar pituitari terletak di dasar otak tetapi tidak dianggap bagian dari otak. Kelenjar pituitari mensekresi hormon yang banyak membantu dalam mengatur homeostasis yaitu keseimbangan metabolisme yang aktif dikelola oleh beberapa mekanisme biologis yang kompleks.

KELENJAR LUDAH
Kelenjar eksokrin (kelenjar dengan saluran) yang ditemukan di dekat mulut dan tenggorokan. Fungsi utama dari kelenjar ini adalah untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasahi makanan. Kelenjar ludah juga memulai pencernaan dan membantu dalam melindungi gigi dari membusuk. Kelenjar ludah dapat dibagi lagi menjadi kelenjar parotis (terletak di sekitar ramus mandibula), kelenjar submandibula (terletak di bawah rahang bawah) dan kelenjar sublingual (terletak di bawah lidah). Selanjutnya Kelenjar tiroid
HATI
Hati berfungsi sebagai kelenjar pencernaan mengeluarkan getah empedu yang mengandung garam-garam empedu ke dalam usus dua belas jari (duodenum) untuk mencerna lemak. Hati terletak di sisi kanan rongga perut ( baca selengkapnya – Fungsi Hati )
GINJAL
Ginjal – bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah dan mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal mengekskresikan urin ke ureter yang kemudian diteruskan keluar dari tubuh. ( Baca selengkapnya – Fungsi Ginjal )
JANTUNG
Jantung – bertanggung jawab untuk memompa darah dalam tubuh dan untuk memberikan darah beroksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Jantung )
PARU PARU
Paru-paru – membantu dalam pernapasan dan merupakan organ yang paling penting dari sistem pernapasan, bekerjasama dengan jantung. Dari vena darah, paru-paru membuang gas karbon dioksida dan kotoran lainnya.( Baca Selengkapnya – Fungsi Paru-Paru )
LAMBUNG
Lambung – untuk mengeluarkan asam lambung, asam klorida serta menjaga tingkat pH yang berpengaruh terhadap kelancaran pencernaan. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Lambung )
USUS HALUS
Usus Halus – Fungsi Usus Halus adalah untuk menyerap sebagian besar nutrisi yang ditemukan dalam makanan, Pada saat makanan dicerna mencapai usus halus, telah secara mekanis dipecah menjadi cairan. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Usus Halus )
DARAH
Darah – Darah Pada Tubuh Manusia untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Darah )
PANKREAS
Pankreas – Pankreas merupakan bagian integral dari sistem pencernaan dan fungsi kepala pankreas adalah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan insulin. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Pankreas )
TENGGOROKAN
Tenggorokan – tenggorokan adalah sebagai tempat untuk jalannya makanan ke kerongkongan dan sebagai tempat jalannya udara atau pernafasan ke paru-paru. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Tenggorokan )
HIDUNG
Hidung – untuk menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Hidung )
MULUT
Mulut – untuk makan dan berbicara. Bagian mulut termasuk bibir, vestibulum, rongga mulut, gusi, gigi, langit-langit keras dan lembut, lidah dan kelenjar ludah. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Mulut )
FARING
Faring – untuk menyaring udara. Faring membuat udara menjadi hangat, membasahi dan melewati ini melembabkan udara ke paru-paru. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Faring )
LARING
Laring – untuk memberikan nada suara ketika kita berbicara. Laring lebih dikenal sebagai kotak suara.

EMPEDU
Empedu – untuk menyimpan empedu, yang disekresikan oleh hati sampai dibutuhkan untuk pencernaan. Kandung empedu ini juga membantu dalam pencernaan lemak. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Empedu )
RECTUM
Rectum – Rektum (poros usus) merupakan organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung feses. (baca selengkapnya – Fungsi Rektum)
KERONGKONGAN
Kerongkongan – berfungsi sebagai jalan bolus dari mulu ke lambung. Jalannya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan ini disebabkan oleh adanya suatu gerakan yang disebut gerakan peristaltic pada dinding otot kerongkongan.
USUS BESAR
Usus Besar – untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa pencernaan dan menyimpan kotoran sampai diekskresikan.
DIAFRAGMA
Diafragma – merupakan partisi otot antara perut dan rongga dada dan meluas di bagian bawah tulang rusuk. Fungsi utama diafragma adalah untuk membantu sistem pernapasan.
LIMPA
Limpa – Fungsi utama dari limpa adalah untuk menyaring darah. Trombosit, bersama dengan sel darah putih, disimpan dalam limpa. ( baca selengkapnya – fungsi limpa )
OVARIUM
Ovarium – merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita, yang terletak di dinding lateral pelvis dan menempel pada rahim. Kedua ovarium terhubung satu sama lain dengan tuba fallopi.(Baca selengkapnya – Fungsi Ovarium)